Ketua TP-PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi Membuka Acara Pelatihan Pemuda Penggerak Wirausaha Desa

Teroponglampung.com, Pesawaran – Ketua TP-PKK Kab. Pesawaran berharap silaturahmi dengan Keluarga Besar KNPI Pesawaran ini bisa menjadi wadah dalam mempererat persaudaraan, guna meningkatkan aksi nyata pemuda dalam membangun Kabupaten Pesawaran.

Demikian disampaikan Ketua TP-PKK Kab. Pesawaran, Hj. Nanda Indira Dendi, S.E.,M.M. ketika membuka acara Pelatihan Pemuda Penggerak Wirausaha Desa dan Dialog Kepemudaan yang berlangsung di Ekowisata Mangrove Cuku Nyi Nyi Desa Sidodadi Kec. Teluk Pandan pada Kamis (08/06/2023).

Nanda mengatakan kegiatan pelatihan ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi para pemuda untuk meningkatkan wawasan dalam mengembangkan usaha. Dengan narasumber yang sangat berkompeten, hendaknya dimanfaatkan untuk menggali segala pertanyaan yang ada di benak pemuda mengenai kewirausahaan.

Nanda berharap dengan mengusung tema “Pemuda Mandiri Desa sejahtera” KNPI dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan untuk menyongsong kemajuan di Kabupaten Pesawaran.

“Saya yakin Pemuda Pesawaran mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan, akan tetapi jika potensi tersebut tidak tergali dan tidak dilakukan pembinaan, yang terjadi adalah melemahnya semangat atau yang lebih buruk lagi ia menggunakan potensinya untuk hal-hal yang tidak baik,” ucap Nanda.

Dirinya mengatakan jika ingin Pesawaran menjadi lebih baik, maka perbaikan yang utama ada di tangan pemuda, perbaikan itu akan tegak dari tangan pemuda.

“Saya katakan demikian karena kita menyadari, bahwa potensi Pesawaran sebenarnya tidaklah kecil, dari potensi berbagai kerajinan/home industri sampai dengan pada bidang pariwisata, pertanian, kehutanan, peternakan, pertambangan, kelautan, dan lain sebagainya yang semuanya sebenarnya cukup menjanjikan untuk dapat dikelola dan dikembangkan,” imbuh Nanda yang juga Ketua Dekranasda Kab. Pesawaran.

Menurutnya motivasi untuk mengembangkan usaha baru diperlukan bukan hanya oleh rasa percaya diri dalam hal kemampuannya untuk berhasil, namun juga oleh kemampuannya dalam mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan.

Ketua TP- PKK Kab. Pesawaran menambahkan berbagai peluang usaha dan kreativitas yang perlu dicoba untuk dapat menghasilkan nilai ekonomis diantaranya seperti kuliner, kriya, fashion, film dan fotografi.

‚ÄúSaudara juga dapat mengakses produk-produk terkenal di Kabupaten Pesawaran sebagai acuan mencoba usaha baru, antara lain kopi, makanan ringan seperti keripik, dodol, coklat, tenun tapis, lalu sulam jelujur atau sulam khas Pesawaran dan produk kriya lainnya seperti furniture, kerajinan besi dan produk fashion berupa tas, sepatu serta aksesoris,” pungkas Nanda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Pesawaran, Ketua DPD KNPI Kabupaten Pesawaran beserta jajaran, Camat Teluk Pandan beserta jajaran dan Para Narasumber.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *